Loading...

Embun Pagi : Empat Golongan Manusia yang Termaktub di Dalam Alquran

KUNINGAN (OKE)- Allah menyebutkan beberapa golongan manusia melalui firman-Nya yang termaktub di dalam Alquran. Berdasarkan kekayaan materi dan rohaninya, manusia bisa dikelompokkan menjadi empat golongan.

Dari empat golongan tersebut, dua merupakan golongan beruntung dan selamat dunia akhirat, dua lagi merupakan golongan yang celaka di dunia dan akhirat.

Kelompok pertama adalah mereka yang takwa dan kaya. Hal itu sebagaimana dimaksudkan dalam Alquran surah an-Nahl ayat 97. 

Golongan kedua, itu adalah orang yang takwa, walaupun mereka secara materi kekurangan. Hal itu ditegaskan dalam Alquran surah al-Baqarah ayat 155-157.

Golongan ketiga, orang yang diberikan banyak materi oleh Allah, tetapi tidak beriman kepada Allah. Kalaupun dia menjadi Muslim, bermaksiat kepada Allah. Sesungguhnya kekayaan materinya itu bukanlah nikmat dari Allah, melainkan istidraj atau hukuman dari Allah. 

Hal ini ditegaskan oleh Allah di dalam surat al-An’am ayat 44. 

Golongan keempat, mereka yang secara materi kekurangan, secara rohani pun mereka jauh dari Allah. miskin harta, miskin rohani pula.

Hal ini ditegaskan dalam Alquran surah Thaha ayat 124-126: "Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta. 

Berkatalah ia: 'Ya Robbku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal aku dahulunya adalah seorang yang melihat?'. Allah berfirman: 'Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamu pun dilupakan.'" (dhn) 

Posting Komentar untuk "Embun Pagi : Empat Golongan Manusia yang Termaktub di Dalam Alquran"