Loading...

Disdikbud Kuningan Luncurkan Youtube Channel Bidang SMP


KUNINGAN (OKE)  Launching Kanal YouTube Channel Bidang SMP Disdikbud Kabupaten Kuningan ini menjadi momentum untuk berkomunikasi dan informasi berbasis internet secara efektif, sehingga berbagai kegiatan yang melibatkan guru, peserta didik bahkan kegiatan sekolah dapat dipublikasi melalui Channel YouTube.

Hal ini disampaikan oleh, Bunda Literasi Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama pada saat hadiri Talk Show sekaligus melaunching Kanal YouTube Channel Bidang SMP Disdikbud Kabupaten Kuningan di Conventional Hall Lembah Ciremai, Kamis (9/12/2021) dengan mengusung tema “Mewujudkan Strategi Penguatan Budaya Literasi Digital pada Sektor Pendidik”.

Pada kesempatan ini, Bunda Literasi, menyampaikan Media digital seperti YouTube, digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat secara beragam dan luas, sehingga harus ada penguatan khususnya pada literasi digital  untuk seluruh peserta didik di Kabupaten Kuningan.

“Saya sebagai bunda literasi, mengingatkan kepada bapak ibu, bahwa literasi digitalisasi memerlukan pemahaman yang utuh serta kecerdasan dari diri kita sendiri untuk bisa produktif memanfaatkannya,” ujarnya.

Literasi digital, kata Ika, dapat meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, bersosialisasi serta pembelajaran untuk bersikap, berpikir kritis, kreatif serta inspiratif dalam pembelajaran apalagi pada saat pandemi.

“Kita sebagai orang tua atau guru harus mengakui dengan jujur bahwa anak-anak kita lebih pandai menggunakan gadget dalam berbagai aspek kondisi, untuk itu tugas orang dan guru melakukan pengawasan pengendalian dan mengarahkan sesuatu sesuai dengan kebutuhan anak,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Drs. Uca Somantri, M. Si. berharap, dengan di launching  YouTube ini, bisa menjadi potensi serta sumber inspirasi dan sumber motivasi untuk memformulasikan informasi, termasuk metode pembelajaran untuk peserta didik.

" Kita harus menghadapi dunia persaingan yang ketat dan mampu berubah, berinovasi serta berkolaborasi, karena pendidikan merupakan kewajiban kita bersama untuk memformulasikan dan memproses anak-anak didik kita untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Maka ibu dan bapak harus berperan aktif dalam mengaktifkan channel yang telah disediakan,” ujarnya.

Pada tempat yang sama, Ketua Panitia Abidin, S. Pd., M. Si. menyampaikan, kegiatan ini untuk membangun sinergitas antar stakeholder pendidikan serta menguatkan komitmen bersama untuk pengembangan literasi digital pada sektor pendidikan.

“Tingkatkan rasa tanggung jawab, motivasi dan kebersamaan sebagai praktisi pendidikan untuk memberikan ruang yang seluas-kuasnya bagi seluruh tenaga pendidik dan kependidikan juga peserta didik untuk memiliki semangat menghasilkan karya kreatif, inovatif untuk menggapai suksesnya dunia pendidikan,” tuturnya. (dhn)

Posting Komentar untuk "Disdikbud Kuningan Luncurkan Youtube Channel Bidang SMP"