Loading...

Di Hari Disabilitas Internasional, Puluhan Anak Berkebutuhan Khusus Ikuti Sunatan Masal dan Terima Bantuan Atensi

KUNINGAN (OKE) - Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si., menghadiri acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional Kabupaten Kuningan, di Aula Pendopo Kabupaten Kuningan, Kamis (09/12/2021).

Dalam acara tersebut, Bupati Acep mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan melindungi hak dari penyandang disabilitas agar bisa berkreasi dan berekspresi serta secara utuh mendapatkan haknya sebagai warga negara dan sebagai individu.

Melalui momentum Hari Disabilitas Internasional, kata Bupati, menjadi titik balik bagi dunia untuk menggugah kesadaran masayrakat akan pentingnya pemenuhan perlindungan dan penegakan hak penyandang disabilitas pada berbagai sektor. Semua komponen dan level sektor masyarakat untuk turut menjadi bagian dalam upaya perlindungan maupun pemenuhan hak disabilitas.

“Kita selaku penyelenggara pemerintahan berkewajiban, kita selaku yg punya kelebihan, Kita harus berbuat sesuatu untuk mereka. Kita Tuntun Mereka, Kita Arahkan Mereka, Kita Bantu Mereka, karena mereka ini ada dalam kelompok disabilitas/difabel. Saya selalu mengingatkan kepada teman teman, sahabat sahabat difabel/disabilitas untuk jangan berkecil hati, kalian/saudara-saudara ditemani oleh kami semua, cinta kasih sayang kami curahkan untuk teman teman difabel disabilitas” Ucap Bupati.

Adapun tema Hari Disabilitas Internasional tahun 2021 adalah kepemimpinan dan partisipasi penyandang disabilitas menuju tatanan dunia yang inklusif, akesibel dan berkelanjutan pasca covid-19. Selaras dengan tema tersebut, pemerintah daerah secara bertahap dengan mengedapnkan prinsip sinergi dan kolaborasi bersama stakeholder terkait, bertekad mewujudkan pemenuhan hak penyandang disabilitas di Kabupaten Kuningan.

Pemda Kuningan dikatakan H. Acep Purnama, akan terus memberikan kepedulian, empati dan simpati kepada Disabilitas, sejalan dengan amanah UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Perpres Nomor 68 Tahun 2020 tentang Komisi Nasional Disabilitas (KND), yang didalamnya  mengatur  terkait hak kaum disabilitas untuk mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan maupun di pemerintahan daerah.

Kabid Rehabilitasi Sosial, Endi Susilawandi menjelaskan terkait kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang apa itu disabilitas kemudian untuk mengedukasi masyarakat untuk menghilangkan stigma masyarakat terhadap para penyandang disabilitas dan tentunya untuk memberikan dukungan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak bagi penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Pada kegiatan tersebut juga di isi dengan penyerahan simbolis diantaranya bantuan asistensi sosial (Atensi) penyandang disabilitas, penyerahan bantuan Atensi untuk modal kewirausahaan dan kebutuhan dasar untuk penyandang disabilitas mental, penyerahan bantuan uang pangkal kuliah atas nama apif barkah penyandang disabilitas sensorik netra dari Desa Kasturi, Penyerahan Atensi bagi anak yatim yang orang tuanya meninggal karena terpapar covid-19, selain itu di laksanakan pula kegiatan Sunatan Masal kepada 35 Anak.

Turut hadir dalam acara tersebut Perwakilan Forkopimda, OPD terkait, Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Kuningan Hj. Ika Siti Rahmatika, SE, Kepala Balai Phala Martha, Cup Santo, serta tamu undangan lainnya.(dhn) 

Posting Komentar untuk "Di Hari Disabilitas Internasional, Puluhan Anak Berkebutuhan Khusus Ikuti Sunatan Masal dan Terima Bantuan Atensi "