Loading...

3 Tahun Acep dan Edo Memimpin, Kuningan Raih Puluhan Penghargaan

KUNINGAN (OKE) -Pemerintah Kabupaten Kuningan  menggelar refleksi pembangunan 3 tahun masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuningan masa bhakti 2018-2023. 

Selanjutnya,Turut hadir Forkopimda, Kepala SKPD, Rektor Universitas/Perguruan Tinggi, Ketua Baznas, FKUB, KNPI, Ormas, Perwakilan wartawan, dan organisasi lainnya. Sekda Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar M.Si membuka acara sekaligus menjadi moderator.  Prima Resort, Senin ( 13/12/2021).

Bupati Kuningan  H. Acep Purnama, MH,  mengatakan tak terasa sudah 3 tahun masa kepemimpinan kami bersama Pak Wabup HM. Ridho Suganda, SH. M.SI. Ketika itu Hari Selasa, 4 Desember 2018 dilantik oleh Gubernur Jawa Barat. Dalam perjalanannya kami bersama-sama melangkah  membangun Kuningan diawali  dengan Visi Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023.

Dalam kesempatan itu ada tayangan perjalanan 3 tahun video profil menunjukan prestasi yang diraih mulai tahun 2018 hingga 2021, seperti Tahun 2018, mendapatkan 4 penghargaan, salah satunya  Penghargaan  sebagai Kabupaten yang melakukan pelayanan publik berbasis HAM yang diberikan oleh  Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. 

Kemudian, tahun 2019, meraih Penghargaan sebanyak 27, diantaranya Penghargaan meraih Predikat B Hasil Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah ( LAKIP) 2018. dan Anugerah Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA), Kategori Tata Kelola Destinasi tahun 2019.  Kepada Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, diberikan  Menteri Pariwisata RI Arief Yahya.  

Tahun 2020, Adapun Penghargaan yang diraih, Penghargaan PR Indoesia Awards (PRIA), di ajang kompetisi kehumasan/public relations (PR) paling komprehensif se-Indonesia. Penghargaan Anugerah Swastisaba, penilaian sebagai Kabupaten Sehat. 

Selanjutnya tahun 2021, Penghargaan  dan prestasi yang diraih sebanyak 10, diantaranya Kuningan Raih WTP Tujuh Kali Berturut-Turut. Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA)  Pratama Tingkat Nasional,  Kuningan Masuk Tiga Besar Pertumbuhan Ekonomi Terbaik di Jabar, sebesar 0,09%.

Dan di Penghujung tahun menerima Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dengan predikat "Menuju Informatif'.  Atas penyediaan Informasi Publik. Dan Penghargaan Natamukti Award Tahun 2021, Atas keberhasilan  mendorong keberlangsungan pertumbuhan dan perkembangan UMKM.

Adapun proyek besar yang menjadi kolaborasi pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat yang sudah terwujud, diantaranya, untuk proyek strategis nasional, yaitu pembangunan Bendungan Kuningan yang sudah diresmikan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.  Bendungan ini  menyuplai air irigasi secara kontinyu  bagi 3.000 hektare.

Revitalisasi Taman Kota Kuningan dan Masjid Syiarul Islam, Rehabilitasi Wisata Waduk Darma, Pembangunan Jalan Lingkar Timur sepanjang 7,2 km dimulai dari Desa Garatengah Kec. Japara sampai ke Desa Kedungarum,  Jalan Lingkar Cipari, Banprop Comand Canter, Pusat Komando Data dan Gedung Setda Baru.

H. Acep Purnama, mengatakan situasi Pandemi Covid -19  dihadapkan Pemerintah Daerah harus perubahan  rencana kegiatan yang sudah disusun sebelumnya. Tetapi masa pandemi, menuntut untuk terus bekerja dan berkarya dipacu sebisa dan sekemampuan daerah.

“Kedepan  makin banyak konsep kolaborasi multipihak dapat dikedepankan.  Hanya dengan kolaborasi tujuan kita bersama lebih mudah tercapai. Masih ada program yang mesti diwujudkan  di sisa 2 tahun ini, semoga Allah SWT memberi kita kekuatan untuk terus berjalan, bahu membahu membangun Kuningan yang kita cintai,”harapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kuningan, mengatakan dengan kebersaam kita semua akan menyelesaikan hambatan, mari kita tingkatkan  standarisasi pekerjaan. Kita mempunyai satu tujuan yaitu Kuningan MAJU, mari selalu bangun optimis untuk tahun berikutnya. Semoga kita semua  bisa mengatasi permasalahan untuk lebih baik lagi

Dr. H. Dikdik Harjadi, S.E., M.Si. Rektor UNIKU dalam diskusi ini, menyampaikan apresiasi diadakannya repleksi 3 tahun kepemimpinan bupati dan wakil bupati,  karena ini membuka ruang bagi publik untuk bisa sama-sama mengetahui capaian pimpinan daerah,  dan juga bisa memberikan masukan kepada pemerintah daerah dalam menyelesaikan 2 tahun kedepan ini yang pertama

Dia menyebutkan, kita tahu diawal 2020 sampai 2021 berada dalam masa pandemik, kondisi ini menjadi masa sulit, namun bupati dan wakil bupati sudah bekerja keras menahkodai pemerintah daerah kabupaten kuningan  semaksimal mungkin.

“Saya melihat IPM di kabupaten kuningan itu dari tahun 2020 ada peningkatan. Ada Laju pertumbuhan ekonomi 0,09 persen ini menunjukan 3 terbaik di Jabar. Pengeluaran berkapita per bulan Rp. 1.127.000,- sebelimnya Rp. 900.000,- dan ada pertumbuhan UMKM.


Untuk pelaku UMKM, dia mengatakan  pihak kami juga bekerjasama memberikan pelatihan, pembinaan, akses permodalan dari kementerian. Kondisi seperti ini sudah menjadi juga tanggung jawab bersama, bahwa kita harsu bersinergi membangun Kuningan. (dhn) 

Posting Komentar untuk " 3 Tahun Acep dan Edo Memimpin, Kuningan Raih Puluhan Penghargaan"