Loading...

Sapma PP dan Balai TNGC Lakukan Penanaman Pohon di Curug Sawer

KUNINGAN (OKE)- Pohon digambarkan sebagai elemen yang kuat yang bisa menjadi habitat dan tempat berlindung bagi mahluk hidup, pohon adalah salah satu sumber kehidupan manusia dan hewan.

Minggu, 28 November 2021 bertepatan dengan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia Tahun 2021, Karang Taruna Komara Binangkit Desa Cisantana beserta Satuan Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP) Kabupaten Kuningan melaksanakan kegiatan Gerakan Pemuda Tanam dan Pelihara Pohon bertempat di Curug Sawer Desa Cisantana. Adapun jumlah bibit yang akan ditanam sebanyak 500 bibit pohon dengan jenis diantaranya Nyamplung dan Kesambi.

Kegiatan tersebut diikuti Kepala Balai TN Gunung Ciremai, Teguh Setiawan yang didampingi Kepala SPTN Wilayah I Kuningan, San Andre Jatmiko dan jajarannya bersama Camat Cigugur, 

Harnida Darius, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Kuningan, dan Hj. Ika Siti Rahmatika, Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Kuningan.

Pada kesempatan tersebut Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Kuningan menyampaikan bahwa pohon mempunyai peranan penting dalam menjaga lingkungan dari bencana-bencana seperti tanah longsor dan banjir, memang tanpa adanya pepohonan, kita tidak bisa hidup.

"Manusia tidak bisa semena-mena menggunakan pohon untuk kepentingannya, manusia harus bisa bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya meski hanya dengan melakukan hal kecil sekalipun," ucapnya.

Selaras dengan itu, Teguh Setiawan menyampaikan bahwa menanam pohon harus terus dilakukan, dulu, sekarang dan di masa yang akan datang sampai proses pemeliharaannya. Dalam kesempatan itu juga disampaikan bahwa penanaman yang telah dilakukan Balai TN Gunung Ciremai, salah satunya melalui mekanisme kemitraan konservasi.

"Program yang telah dilakukan adalah adopsi pohon di blok Lempong Balong oleh Kelompok Arban Desa Cisantana. Bagi rekan-rekan yang mau berkontribusi melakukan penanaman di kawasan TN Gunung Ciremai dapat langsung menghubungi kelompok untuk dijelaskan mekanismenya," tambahnya.(sc: ig gunung_ciremai) 


Posting Komentar untuk "Sapma PP dan Balai TNGC Lakukan Penanaman Pohon di Curug Sawer "