Loading...

Balai TNGC Sokong Masyarakat Penyangga Melalui Bantuan Ekonomi Produktif


KUNINGAN (OKE)- Tahun 2021, salah satu kelompok masyarakat di Desa Sayana, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat mendapatkan bantuan usaha ekonomi produktif. Kegiatan bantuan tersebut  dipergunakan untuk menunjang kegiatan wisata alam yang sedang diusung oleh kelompok masyarakat yaitu ketersediaan air. Tepat di blok Parahu sebagai babakal desa Sayana dan di blok Sumur Galing sebagai lokasi sumber mata air.

Pada hari Senin, 15 November 2021, San Andre Jatmiko, Kepala SPTN Wilayah I Kuningan bersama dengan Toni, Camat Jalaksana melakukan pengawasan bersama atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Sayana, yang juga ketua KTH Sri Rahayu berharap mendapat dukungan dari semua pihak agar masyarakat desa Sayana dapat berkontribusi dalam pengelolaan kawasan melalui kegiatan wisata alam.

"Kami berharap, masyarakat desa Sayana juga dapat merasakan adanya peningkatan pendapatan ekonomi dari kegiatan wisata alam," ucapnya.

San Andre merespon positif keinginan tersebut, "Kami akan terus dorong masyarakat penyangga yang mau maju dan komitmen terhadap kelestarian kawasan TN Gunung, jangan sungkan-sungkan untul terus berkoordinasi agar pelaksanaan teknis di lapangan sesuai dengan peraturan perundangan kehutanan yang berlaku".

Bantuan ekonomi ini sifatnya memancing ya Sobat, agar memotivasi kelompok masyarakat untuk terus berkarya, berswadaya dan mandiri. Camat Jalaksana pun menyampaikan hal senada, "Uang negara yang sudah diberikan ini jangan sampai sia-sia, pastinya tepat guna dan tepat manfaat. Agar dalam pengelolaan/pemanfaatan air juga perlu diperhatikan, supaya ketersediaan air tetap terjaga".

Nah Sobat, walaupun tugas pokok Balai TN Gunung Ciremai prioritas terhadap sumberdaya alam hayati dan ekosistem yang ada di kawasan TN Gunung Ciremai, tidak mengesampingkan masyarakat yang ada di sekitar kawasan. Justru keberadaan mereka menjadi kekuatan besar dalam pertahanan kawasan dari ancaman dari luar loh.(dhn) 

Posting Komentar untuk "Balai TNGC Sokong Masyarakat Penyangga Melalui Bantuan Ekonomi Produktif"