Loading...

Peringati Hari Statistik Nasional, BPS dan SKPD Gelar Webinar “Kemana Arah (Optimis) Pembanguan Kabupaten Kuningan"

KUNINGAN (OKE) - Semangat Hari Statistik Nasional 26 September di Tahun 2021, Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuningan berklaborasi dengan SKPD dan Unisa Kuningan mengadakan Webinar Pandemic Talk Empowering Talks “Kemana Arah (Optimis) Pembanguan Kabupaten Kuningan”, ( 22/92021).

Bertindak selaku Keynote Speaker, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, menyampaikan arah pembangunan Kabupaten Kuningan sampai dengan tahun 2023. 

Sekda Kuningan juga menilai arti penting


kolaborasi antar instansi tentang perencanaan dan evaluasi pembangunan dengan menggunakan data statistik berkualitas.

Dalam webinar tersebut pembicara pertama Asep Arifin Mansur, kepala BPS Kabupaten Kuningan, memaparkan tentang data Indikator Kesejahteraan Rakyat (Inkesra), Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) dan Kerangka Sampel Area (KSA) Padi. 

Dari data tersebut tampak bahwa perekonomian akibat dari pandemic mengalami tekanan hebat turun dari 6,5 persen menjadi hanya 0,09 persen. Angka tersebut memang masih lebih baik dari kabupaten kota lainnya.

Dr. Alek Oktavianus, Direktur Pemantau, Evaluasi & Pengendalian Pembangunan, Kementerian PPN/Bappenas menyebutkan kurang optimalnya sektor sekunder perekonomian Kabupaten Kuningan menjadi tantangan tersendiri. 

Sebab menurutnya, bagaimanapun juga sector sekunder dengan motor perindustrian masih sangat rendah nilai produktifitasnya. Atau dalam bahasa lain bahwa perlu ada industri hasil pertanian sehingga pertanian bisa optimal nilai keekonomiannya.

Selajan dengan itu Ukas Suharfaputra, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian memperkuat sinyalemen tersebut bahwa kondisi peningkatan produksi pertanian baik tanaman pangan maupun hortikultura masih sangat mungkin untuk mendukung tercipatanya industri dari hasil produksi pertanian.

Tidak jauh berbeda Dudi Pahrudin, Kepala DPMD lingkungan desa sebagai wilayah dominan di Kabupaten Kuningan memiliki banyak peluang untuk mengarahkan indutrialisasi pertanian.

Di sisi lain Rektor Universitas Islam Al Ihya Kabupaten Kuningan, Nurul Iman Hima Amrullah, mengajak semua masyarakat untuk tetap memperhatikan masalah Pendidikan agar masa depan Kabupaten Kuningan menjadi lebih baik dikarenakan berkualitasnya pendidikan penduduk Kabupaten Kuningan sebagai pelaku pembangunan.

Gambaran optimis peningkatan kualitas perekonomian penduduk dengan menjadikan Pertanian sebagai penopang utamanya perlu dikembangkan menjadi industri. 

 Dengan begitu, sambung nya hasil pertanian yang kuat dan digitalisasi pemasaran produk pertanian dan industry hasil pertanian sepertinya menjadi arah pembangunan yang perlu mendapatkan perhatian utama dari segenap pelaku pembangunan di Kabupaten Kuningan di masa yang akan datang.

"Dengan data berkualitas kita bangun Kuningan menjadi tumbuh dan Tangguh, " Ujar Nurul. 

Webinar ini dihadiri 321 peserta dalam ruang aplikasi zoom dan 568 viewer pada link Streaming Youtube. (dhn) 



Posting Komentar untuk "Peringati Hari Statistik Nasional, BPS dan SKPD Gelar Webinar “Kemana Arah (Optimis) Pembanguan Kabupaten Kuningan""