Loading...

Kopi Kuningan Bisa Jadi Oleh-Oleh dan Paket Wisata Edukasi

KUNINGAN (OKE) - Gerai Oleh-Oleh Kopi Produksi Kabupaten Kuningan dan Paket Wisata Edukasi Kultur Kopi dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan,  Acep Purnama, Selasa, (28/9/2021) di Taman Wisata Alam Woodland Jl. Raya Setianegara Kecamatan CIlimus, Kabupaten Kuningan.

Dalam kesempatan ini, Bupati menyampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang potensial, untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kuningan melalui ide kreativitas, terutama para generasi muda sebagai penerus kehidupan dikemudian hari.

“Kita support gerakan teman-teman baik pecinta kopi maupun bukan, untuk menyokong kegiatan kopi seperti ini, dan kepada petani tetap berusahalah untuk menghasilkan biji kopi terbaik dengan segala teknik yang ada, " Kata Bupati.

Selanjutnya, Acep menyampaikan untuk para pemasar silahkan buat teknik pemasaran yang baik pula, sehingga keberadaan gerai tidak akan berakhir di tengah-tengah dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kuningan.

Kemudian, pihaknya menyampaikan, pertumbuhan ekonomi mikro di Kabupaten Kuningan kian bertambah, hal ini ditandai dengan berdirinya restoran-restoran ataupun kafe-kafe kecil maupun besar di Kabupaten Kuningan, yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, seperti menyerap tenaga kerja lokal yang dapat diperkerjakan di berbagai UMKM sehingga mampu mengurangi pengangguran.

“Dengan berdirinya gerai oleh-oleh ini dapat menjadi salah satu  pilihan bagi wisatawan yang datang ke Kabupaten Kuningan yang menyediakan kopi khas Kuningan, " Ujar Bupati.

Sehingga, diharapkan Bupati brand kopi asal Kabupaten Kuningan ini semakin dikenal masyarakat luas, yang nantinya juga berdamapak pada kesejahteraan para petani kopi, tak hanya itu, dapat memberikan manfaat juga bagi masyarakat sekitar, seperti menyerap tenaga kerja lokal yang dapat diperkerjakan sehingga mampu mengurangi pengangguran.

Sementara, Ketua Asosiasi Petani Kopi Indonesia (APEKI) Kabupaten Kuningan, Uun, menyampaiakan budidaya kopi Kabupaten Kuningan sebenarnya sudah ada ratusan tahun lalu, pada tahun 1853 kopi Kabupaten Kuningan sudah dikenal kopi terbaik di Eropa. Gudangnya ada di daerah Kadugede, Bayuning, Cigugur dan Luragung.

“Saya bersama rekan-rekan semua tidak lelah untuk terus mempromosikan kopi Kabupaten Kuningan, karena apabila kopi di kabupten Kuningan dikemas dengan semodern mungkin si hitam dan lezat ini bisa kembali menjadi andalan dan bisa memberikan keuntungan serta mendapat PAD,” ujarnya.  (dhn)

Posting Komentar untuk "Kopi Kuningan Bisa Jadi Oleh-Oleh dan Paket Wisata Edukasi"