Loading...

Desa Luragung Kini Miliki Tugu Unik“Tugu Gapura Papat Kalima Pancer”

LURAGUNG (OKE)- Desa Luragung Tonggoh, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan kini memiliki ikon unik, yaitu Tugu “Tugu Gapura Papat Kalima Pancer” yang diresmikan oleh Bupati Kuningan Acep Purnama, Sabtu (18/09/2021).

Peresmian tugu ditandai dengan pemotongan pita di dampingi oleh Kades Luragung Tonggoh Emnar Maeso Jenar bersama perangkat desa lainnya.

 “Saya berharap dengan berdirinya tugu ini akan semakin mempererat kerukunan kita sebagai masyarakat di desa Luragung Tonggoh di Kabupaten Kuningan,” Ucap Bupati. 

Selain itu dikatakan Bupati, keluhan di desa Luragung Tonggoh ini sering banjir, oleh karena nya dikarenakan bulan sekarang intensitas turun hujan agak banyak, ia meminta kepada warga semuanya agar tidak membuang sampah sembarangan. 

Di jelaskan oleh Kepala Desa Luragung Tonggoh Emnar Maeso Jenar S.E bahwa tugu ini bernama “Tugu Gapura Papat Kalima Pancer”

“Alhamdulilah setelah sekian lama Desa Luragung Tonggoh memiliki gapura yang mungkin ini sebagai simbol adat sunda, " Ujarnya. 

Ia menjelaskan disebut papat kalima pancer karena saat pemilihan kepala desa di desa Luragung Tonggoh ada 4 orang calon kepala desa yang inti nya sama yaitu ingin memajukan Desa Luragung tonggoh. 

Oleh karena itu dijelaskan Emnar, papat kalima pancer disini merupakan filosofi simbol persaudaraaan dari ke empat calon guna mempersatukan dalam visi misi pembangunan Desa Luragung Tonggoh. 

Emnar Maeso Jenar mengatakan, dengan berdirinya tugu tersebut, kini warga Desa Luragung Tonggoh memiliki kebanggaan tersendiri. (dhn) 

Posting Komentar untuk "Desa Luragung Kini Miliki Tugu Unik“Tugu Gapura Papat Kalima Pancer”"