Loading...

Bupati Kunjungi Wisata Alam Woodland


KUNINGAN (OKE)-  Wargan Kuningan pasti tidak asing lagi dengan lokasi wisata alam satu ini, tepatnya berada di pinggir jalan yang tidak hanya menawarkan keindahan alam namun juga sajian kulinernya. 

Ya, benar , Obyek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Woodland. Dulu pernah lama mati suri, beberapa tahun ini hidup berkembang dengan pesat bahkan ada beberapa sarana penunjang yang cukup diminati pengunjung seperti jembatan pohon, outbond, dan kolam renang. 

Lokasi wisata alam ini memang sedang berproses untuk mendapatkan Ijin Usaha Penyedia Sarana Wisata Alam (IUPSWA) dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pengunjung juga disuguhi dengan kuliner lokal yang menggugah selera, yang berada tak jauh dari lokasi wisata alam. Kali ini, kuliner khas yang akan diangkat adalah kopi yang berasal dari budidaya penyangga kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Tak hanya itu, ada beberapa jenis kopi yang juga berasal dari Gunung Subang, Gunung Tilu dan Gunung Anjung.

.Selasa pagi (28/9), Bupati Kuningan berkesempatan hadir bersama Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kuningan, Toto Toharuddin didampingi Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Teguh Setiawan dan Kepala SPTN Wil I Kuningan, San Andre Jatmiko.

Dalam kunjungannya, Bupati Kuningan, Acep Purnama mengapresiasi ide untuk mengangkat produk lokal kopi khas Ciremai.

"Ide bagus dan luar biasa untuk menjual kuliner lokal berupa kopi yang ditawarkan kepada pengunjung, yang peminatnya cukup banyak," kata  Acep.

Hal ini diamini Teguh Setiawan bahwa masyarakat yang sudah melakukan budidaya di penyangga TNGC dapat memanfaatkan adanya lokasi wisata alam untuk pemasaran produk yang dihasilkan.

"Wisata alam ini memberikan multifier effect dalam rangka meningkatkan roda perekonomian masyarakat, contohnya dengan pengembangan usaha kuliner lokal," jelasnya.

Dalam acara itu dihadiri pula penggiat kopi dan pelaku usaha wisata lingkup Kuningan, APEKI (Asosiasi Petani Kopi Kuningan), Kepala Desa Pasawahan, Kepala Desa Linggajati, Kepala Desa Setianagara, dan Kepala Desa Cibeureum.

Sobat penasaran untuk icip-icip, silahkan berkunjung ke Woodland ya, lokasinya berbatasan administrasi dengan Desa Setianegara, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat. Jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan ya.(dhn/sumber TNGC)

Posting Komentar untuk "Bupati Kunjungi Wisata Alam Woodland"