Loading...

Anggota Komisi IV DPR RI Kunjungi Kaki Gunung Ciremai Di Desa Payung

KUNINGAN (OKE)-  Kamis (2/9). Anggota DPR RI Komisi IV, Soetrisno, S didampingi Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Teguh Setiawan, mengunjungi Desa Payung, Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat untuk melihat interaksi masyarakat terhadap kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) soal program pemberdayaan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan bertemu dengan kelompok MPA Lodaya Hideung dan masyarakat setempat. Mereka antusias dengan kedatangan rombongan dewan tersebut sebagai silaturahmi dan berharap bisa menyampaikan aspirasi secara langsung.

Sutrisno mengingatkan, sebagai warga yang bertetangga dengan TNGC, sehingga harus hidup berdampingan secara harmonis dengan alam.

"Kita harus tetap menjaga alam, sambil melihat apa yang bisa kita sinergikan tanpa melanggar aturan yang ada. Misalnya di desa Bantaragung sudah ada koperasi yang memelihara lebah dan sudah berproduksi, namanya madu pancarasa, sehingga hal tersebut bisa direplikasi di tempat lain. Peluang sudah ada, kesempatan ada, tantangannya adalah bagaimana kita mewujudkan hal tersebut dengan kemauan dan kerja keras," tuturnya.

Kepala Balai TNGC, Teguh Setiawan beserta jajarannya mengaku senang bertemu MPA dan masyarakat desa setempat. Beliau bercerita bahwa sepanjang penugasan beliau di Kementerian LHK yang sudah berkali kali pindah tugas, hanya di TNGC menemukan pengelolaan kawasan dengan melibatkan masyarakat sekitar yang begitu masif.

"Mengusung misi kedaulatan rakyat berbagai aktivitas pengelolaan seperti wisata alam, pemulihan ekosistem semua berbasiskan masyarakat. Harapannya kelompok kelompok masyarakat yang sudah menikmati manfaat ekonomi dari kawasan mampu menjaga dan mempertahankan kelestariannya," tegasnya.

Bagaimana menciptakan interaksi positif antara kawasan hutan dan masyarakatnya, hutan terjaga dan ekonomi meningkat. Tentu sesuai dengan peraturan perundangan kehutanan yang berlaku ya. Kita tunggu aksi rekan-rekan desa Payung dalam mewujudkan kedaulatan rakyat. (Sc : ig gunung_ciremai) 

Posting Komentar untuk "Anggota Komisi IV DPR RI Kunjungi Kaki Gunung Ciremai Di Desa Payung"