Loading...

Waspada Musim Pelakor, Damkar Siap Siaga

 


KUNINGAN (OKE)- Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti ,menyampaikan dalam upaya  kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

Serta untuk menghadapi  kemungkinan terjadinya kebakaran lingkungan pemukiman,  lahan, hutan , serta kekeringan air bersih  atau populer  dengan singkatan ”Pelakor”  (Pembakaran Lahan dan Kebun Orang )

Sudah dilakukan  pembahasan Rakor (Rapat Koordinasi) menghadapi kesiapsiagaan yang dilaksanakan di ruang rapat Aula Linggar jati Setda Kabupaten Kuningan pada hari Jumat ,( 13 /08/ 2021)

Sesuai arahan dari Bupati kuningan yang di gagas oleh BPBD Kabupaten Kuningan yang dihadiri oleh Kodim 0615, Polres Kuningan, Wakil Bupati Kuningan.

Selanjutnya,  hadir jiga Sekretaris Daerah Kuningan, Satpol PP/ Linmas,  Unsur Camat se kab.kuningan , BMKG Regional Jabar, BTNGC, PDAM, masyarakat Peduli Api ( AKAR), PMI serta usur terkait lainnya.

Dikatakan, ,cuaca ekstrim di lima bulan kedepan bulan Agustus-Desember, tentunya sangat berpengaruh terhadap pola dan perilaku manusia dalam menentukan sikap yang harus lebih ekstra dalam kondisi seperti ini. 

Bahkan ditambah situasi menghadapi  Pandemi covid 19 yang belum menunjukan kapan akan segera berakhir.

Kemudian, melihat dari puluhan kasus kebakaran yang terjadi di Kabupaten Kuningan, khadafi menghimbau serta mengajak kepada Aparat Pemerintahan kecamatan dan Aparat pemerintahan Desa, untuk dapat menghimpun dan melaporkan titik-titik sumber air di wilayah masing-masing.

Selanjutnya,  melaporkannya kepada Satgas Penanggulangan Bencana Daerah. Untuk lebih memudahkan koordinasi saat penangan kebakaran pemukiman/lahan/hutan, khususnya bagi kami Jajaran UPT Damkar Satpol Pp Kabapaten Kuningan.

"Bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan, dihimbau untuk tidak membakar lahan untuk upaya pembukaan /pembersihan lahan," ujarnya.

Lalu, tidak membakar sampah, waspada terhadap peralatan dirumah yang berpotensi menyembabkan terjadi kebakaran. 

Serta selalu menyediakan sistem proteksi aktif kebakaran dilingkungan tempat tinggal ataupun tempat yang rawan akan terjadinya kebakaran.

Kepala UPT Damkar Kuningan juga menambahkan, apabila terjadi kebakaran silahkan hubngi No telepon Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan (0232) 871113 (layanan gratis /tidak dipungut biaya). (dhn)


Posting Komentar untuk "Waspada Musim Pelakor, Damkar Siap Siaga"