Loading...

Polhut Bersama Masyarakat Gotong Royong Selamatkan Raptor Sekarat


KUNINGAN (OKE)- Elang Ular Bido (Spilornis cheela) merupakan salah satu jenis raptor penguasa wilayah udara Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang sangat sering dijumpai dengan julukan Si Pemburu Ular yang sangat gesit.

Namun pada Sabtu (14/8) sekitar pukul 11.00 WIB, seekor raptor ditemukan lemah tak berdaya dengan luka bagian sayap kanan di aliran Curug Leles, desa Padaherang, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat.

Kejadian ini disaksikan oleh tim Korp Sukarela Cirebon (KSP) yang kebetulan berada di sana. Mereka langsung melapor kepada Pengelola Buper Leles. Laporan tersebut kepada petugas Balai TNGC untuk.

Setelah berhasil diberi pemberitahuan, Elang nahas itu dibawa ke Sekretariat Forum Ciremai untuk makan, minum, dan di tempatkan di kandang yang hangat untuk kondisi kondisi.

Lalu petugas Balai TNGC yang terdiri dari Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) dan Polisi Kehutanan (Polhut) membawa Si Pemburu Ular ke Kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka.

"Elang ini akan diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat untuk mendapatkan perawatan dan rehabilitasi," kata Kepala Balai TNGC, Teguh Setiawan . 

Di tempat yang sama, PEH Hendra Purnama mengungkapkan kondisi Elang nahas tersebut setelah mendapat perawatan.

"Alhamdulillah. Ia sudah bisa berdiri. Sifat pembohongnya sangat terlihat pasca luka sayapnya kami obati. Praduga sementara, luka tersebut akibat kena pelor senapan," tulisnya.

Esoknya (15/8), petugas BBKSDA Jawa Barat menemui sang Elang.

"Tadi malam, kami mendapatkan informasi dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNGC, Didik Sujianto bahwa ada temuan satwa liar Elang. Terima kasih kepada petugas Balai TNGC dan masyarakat yang telah menyelamatkan, kami akan membawa elang ini ke dokter hewan," ujar Polhut BBKSDA Jawa Barat Deden. (Sc: Ig gunung_ciremai) 

Posting Komentar untuk "Polhut Bersama Masyarakat Gotong Royong Selamatkan Raptor Sekarat"