Loading...

Peringatan Hari Pramuka Ke-60, Bupati Sematkan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka


KUNINGAN (OKE)- Peringatan Hari Pramuka ke-60 di Kabupaten Kuningan dengan tema “Berbakti Tanpa Henti” ditandai dengan Penyematan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka oleh Bupati Kuningan, Acep Purnama, kepada Sekretaris Daerah.

Kabupaten Kuningan selaku Sekretaris Mabicab Gerakan Pramuka, Dian Rachmat Yanuar., yang disematkan Lencana Darma Bakti dan sembilan orang lainnya serta Penyematan Tanda Pramuka Garuda Tahun 2021 kepada empat orang. Minggu pagi, (28/2/2021) di Aula Wisma Permata Kuningan.

Sembilan orang lainnya Lencana Pancawarsa VII yakni, Rana, Suparman, disematkan Lencana Darma Bhakti, Ucu Suryana, disematkan Lencana Darma Bhakti, Udi Maksudi, disematkan Lencana Pancawarsa VII, Akmadi.

Selanjutnya, disematkan Lencana Pancawarsa V, Hj. Cicih Sukadasih, disematkan Lencana Pancawarsa IV, Imam Wahyudin G, disematkan Lencana Pancawarsa III, Surya, disematkan Lencana Pancawarsa, disematkan Lencana Pancawarsa I dan Ius Sri Rustiani, disematkan Lencana Pancawarsa I.

Bupati mengatakan, Peringatan 60 tahun gerakan pramuka ini harus tetap semangat, berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan, dan tetap saling tolong menolong. Serta tunjukkan bahwa pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti.

“Sebagai Bupati Kuningan sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Kwartir cabang Gerakan Pramuka Kuningan, saya senatiasa siap memberikan dukungan baik moril maupun materil, " Ujarnya.

Selanjutnya Bupati juga berpesan untuk tetap berkarya demi ibu pertiwi tercinta, bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa.

Gerakan Pramuka, kata Bupati, bukan merupakan organisasi bantuan sosial, melainkan sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan berupa satya dan darma pramuka, pramuka tetap menunjukkan baktinya untuk membantu sesama yang membutuhkan bantuan.

“Hal ini sejalan pula dengan arahan presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dalam hari pramuka tahun lalu, agar para pramuka melaksanakan dua gerakan.

Gerakan kedisiplinan nasional dan gerakan kepedulian nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama hidup, sehingga saya mengajak para pramuka di mana pun berada, untuk mewujudkannya dan memadukan tema hari ini "pramuka berbakti tanpa henti".

Kegiatan berbakti ini dapat dilakukan di mana saja, dimulai dari lingkungan gugus depan masing-masing, lalu berbakti pula membantu keluarga dan masyarakat dalam kondisi pandemi covid-19,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya juga berharap, pramuka ini sebagai garda terdepan untuk membantu pemerintah dan masyarakat dengan bhakti yang tulus.

"Mari kita semua bertekad untuk menjadikan generasi muda Indonesia menjadi generasi yang unggul, hebat, kreatif, petarung, dan generasi yang siap mengabdi untuk Kuningan Makmur, Agamis dan Pinunjul,” ungkapnya.

Sementara, Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, menyampaikan ucapan terima kasih da selamat Hari Pramuka ke-60 di Kabupaten Kuningan, dengan usia tersebut, kata Wabup  seharusnya matang.

“Mudah-mudahan semakin matang dan siap untuk mempersiapkan adik-adik semua sebagai kader pramuka yang layak dan bermanfaat untuk kita, sehingga dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia,Ucu Suryana, menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan peringatan Hari Pramuka tahun ini yakni, untuk meningkatkan minat dan kecintaan kaum muda Indonesia kepada gerakan pramuka, memupuk rasa persaudaraan, kesukarelaan dan gotong royong, serta mengkatkanjiwa patriotik.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat memotivasi bagi kamio dalam berikthiar meningkatkan pembinaan kaum muda menuju Kuningan Makmur Agamis dan Pinunjul,” ujarnya. (dhn)

Posting Komentar untuk "Peringatan Hari Pramuka Ke-60, Bupati Sematkan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka"