Loading...

Miris Lihat Anak-anak Nyanyikan Lagu Dewasa, Dedeh Ciptakan Lagu Anak Untuk Edukasi

KUNINGAN (OKE)- Berawal  dari keprihatinan terhadap fenomena jaman sekarang bahwa  anak diera jaman sekarang lebih sering menyanyikandan mendengarkan lagu-lagu orang dewasa, Dedeh Komalasari atau yang biasa disapa Bunda Dedeh, merasa terpanggil untuk menjadi penggerak mengembalikan lagu anak. 

Ia memiliki keinginan bahwa anak-anak memang harusnya menyanyikan dan mendegarkan lagu anak, dengan syair untuk anak, nada untuk  anak-anak,  gerakan anak-anak serta visual lagu juga memang harus sesuai dengan perkembangan anak itu sendiri.

“Coba jaman sekarang ini, ketika kita lewati kumpulan anak-anak yang sedang bermain, banyak anak bersenandung lagu-lagu orang dewasa, bahkan ada beberapa syairnya terdengar vulgar bahkan tidak pantas untuk anak kecil," Ungkapnya. 

Ia juga menjelaskan, hal itu terjadi karena lagu anak-anak sekarang terasa menghilang dari industri musik tanah air. Penyanyi cilik juga keberadaanya telah tergeser dengan penyayi-penyanyi dewasa baik dari tanah air maupun luar.

Syair-syair yang tidak pantas disenandungkan anak dikhawatirkan dapat merusak karakteristik anak dan menghambat perkembangan mentalnya, lanjut Bunda Dedeh yang juga bekerja sebagai Dosen di UNISA. 

Sebagai praktisi anak dan profesional juga di bidang PAUD (memiliki latar belakang pendidikan S1&S2 PAUD), bunda Dedeh gemar membuat lagu untuk anak-anak. 

Lagu itu selalu diberikan kepada anak didiknya waktu di TK dan Kober dulu dan sekarang selalu ditransfer kepada mahasiswanya maupun ketika ia menjadi pemateri parenting maupun seminar.

Tekad kuat sebagai bentuk pengabdian terhadap Dunia Anak Usia Dini, wanita yang juga merupakan istri Sekdes Taraju ini mulai menginventarisir lagu-lagu ciptaanya dengan dibantu  aransemen lagu oleh Pa Oka Mustofa (Guru Kesenian SMA 3 Kuningan).

Pada bulan ini merilis lagu dengan judul “Peternakan &Perkebunan”, lagu ini bisa dinikmati di chanel youtobenya dengan nama Dedeh Komalasari.

“Alhamdullilah lagu ini sebetulnya saya ciptakan saat dulu saya masih mengajar di PAUD. Saat itu terinspirasi pada Tema Binatang dan Tumbuhan, " Ungkapnya.

Dedeh juga menjelaskan lagunya cipataanya easy listening, enak di dengar dan range nadanya sesuai dengan jangkauan nada anak, ceria, dan syair yang mudah diingat serta gerakan yang mudah juga diikuti.

Menurutnya, lagu ini bukan lagu komersil, bentuk dedikasi saya terhadap  dunia PAUD dan besar harapan untuk memberikan manfaat, rasa bahagia juga keceriaan bagi seluruh anak-anak Indonesia. (dhn) 

Posting Komentar untuk "Miris Lihat Anak-anak Nyanyikan Lagu Dewasa, Dedeh Ciptakan Lagu Anak Untuk Edukasi"