Loading...

Milangkala ke-391, Desa Subang Gelar Tradisi "Ngayun"

KUNINGAN (OKE) - Milangkala ke-391 Desa Subang yang jatuh pada hari Jumat (27/8/2021). Pada kegiatan tersebut Bupati Kuningan,  Acep Purnama,  berkesempatan untuk hadir memenuhi undangan panitia peringatan.

Hadir mendampingi Bupati, Wabup  Ridho Suganda, Kalak BPBD, Indra Bayu Permana, Camat Subang, Kepala Desa Subang, Irin Ismail, Ketua BPD Desa Subang, Perangkat Desa, Panitia Milangkala Desa Subang, Kapolsek, Danramil, Kompepar Giri Walini Desa Subang dan tokoh masyarakat Desa Subang.

Acara dimulai dengan Tradisi Ngayun, dimana tradisi ini merupakan tradisi warisan turun temurun dari leluhur.

Tradisi ngayun di Desa Subang Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan merupakan salah satu hasil dari proses akulturasi budaya antara kepercayaan para leluhur dengan budaya islam. Hal ini terlihat dari persyaratan alat yang digunakan dan tawasul pada Tradisi Ngayun.

Menurut Ketua Panitia Iman Sukmana dalam sambutannya menjelaskan bahwa, Milangkala Desa Subang Ke-391 mengusung tema “Semangat Percaya Diri Dengan Ketulusan dan Kesetiaan Demi Mewujudkan Subang Yang Sugri Walagri Malar Walatra”.

Acara peringatan HUT ke-391 Desa Subang berjalan dengan lancar serta antusiasme masyarakat yang cukup positif serta menerapkan prokes dengan sangat baik.

Tujuan diselenggarakannya acara ini yaitu untuk mengingat perjuangan leluhur di Desa Subang dalam menjaga dan merawat Desa Subang hingga saat ini.

Dalam sambutan selanjutnya, yang disampaikan oleh Ketua LPM Desa Subang, Elon menjelaskan sejarah singkat terbentuknya Desa Subang.

Kemudian, menurutnya Desa Subang memiliki ikon “ngayun”, yang menjadi ciri khas desa ini.

Sementara itu, dalam sambutannya dengan menggunakan Bahasa Sunda, Bupati Kuningan memaknai acara peringatan milangkala ini sebagai kegiatan instrospeksi diri mengenai apa yang sudah dibuat dan apa yang sedang direncanakan untuk pembangunan desa.

Bupati mengucapkan selamat hari jadi ke-391 untuk Desa Subang serta harapan terbaik untuk desa ini.

”Abdi ngahaturkeun wilujeng milangkala ka masyarakat Desa Subang nu ka-391. Laksanakeun Pangwangunan dina sagala bidang demi kamajuan Desa Subang. Abdi Percanten ku kompak sareng guyubna masyarakat Desa Subang, pangwangunan nu tos direncanakeun tiasa berjalan sakumaha mestina,” ujarnya. (dhn)

Posting Komentar untuk "Milangkala ke-391, Desa Subang Gelar Tradisi "Ngayun""