Loading...

Cara Menjadi ASN Profesional Ala Sekda Kuningan



KUNINGAN (OKE)- Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar, memberikan pembekalan Pelatihan dasar secara Zoom Meeting bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Gol II Angkatan V tahun 2021, bertempat di Ruang Kerja, Selasa (24/8/2021). Dengan berbagi sepuluh cara Profesionalisme ASN.

Sekda Kuningan menjelaskan bagaimana caranya menjadi ASN yang Profesional, minimal ada sepuluh cara yang perlu dilakukan.

Ke 10 cara itu diantaranya, memiliki sikap positif terhadap pekerjaan yaitu jangan banyak mengeluh atas pekerjaan anda, love what you do, do what you love.

Selanjutnya Sekda juga menambahkan, calon ASN harus mahir dalam bidang studi.

Seperti contoh kalau lulusan ilmu komputer, terus perdalam ilmu tersebut, ikuti perkembangan jaman, karena ilmu itu dinamis.

“Dan memiliki kemampuan Communication skills (lisan/tulisan) tentu dengan belajar berbahasa formal yang baik, serta belajar juga cara berkomunikasi dengan berbagai kalangan," ujarnya.

Tak ketinggalan pentingnya Interpersonal Skills, ini merupakan suatu seni yang hanya bisa diperoleh melalui pengalaman dan keinginan kita untuk belajar. 

Ia juga menuturkan untuk memiliki kepercayaan diri, penting dilakukan tetapi jangan berlebihan. 

Lebih lanjut diperlu berpikir dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Hal ini juga perlu dikembangkan dengan banyak mengamati bagaimana orang-orang di sekitar  menyelesaikan masalah, yang tidak perlu ditinggalkan.

Adaptif, hal ini menunjukan ASN itu harus ditempatkan dimana saja, pekerjaan lapangan atau pekerjaan di belakang meja, semua harus ditempatkan. 

"Bisa motivasi diri, penting untuk menjaga profesionalisme kita dalam supaya dapat belajar tinggi," katanya.

“Memiliki kepemimpinan, kepemimpinan biasanya akan lebih terlihat untuk orang-orang yang senang berorganisasi, coba mulai sekarang ikut organisasi apapun, di sana anda dapat mengembangkan diri dan kepemimpinan anda,” katanya.

Tak kalah penting Sekda mengingatkan pentingnya teamwork, kerjasama dalam tim yang sangat dibutuhkan karena kerja bukan kerja perorangan, egoisme pribadi dikesampingkan.

Selain itu menyampaikan, kita harus lebih banyak mendengarkan orang lain daripada berbicara dan menghormati setiap orang di tingkat apapun pekerjaan.

Apalagi jika peserta menjadi lebih banyak mendengar lebih dari lebih banyak bicara.

Bahkan ada pepatah yang mengatakan Tuhan memberikan kita satu mulut dan dua telinga, lebih banyak mendengarkan kita lebih baik daripada menggosip.

Salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan interpesonal, Sekda mengingatkan bagaimana membangun itu tidak akan menyelesaikan pekerjaan.

Tetapi hubungan yang baik dengan rekan kerja kita juga terbuka agar suasana kerja yang kondusif.

Sekda selalu mengingatkan pentingnya disiplin, hal ini mudah diucapkan, niat kuat dan komitmen tinggi, maka Anda bisa mendisiplinkan diri dengan memulai mempelajari struktur organisasi, hanya berkolaborasi. 

Kemudian Ikuti aturan yang berlaku di organisasi anda. Begitu juga harus memiliki, untuk itu harus menjadi filosofi dasar  dalam yang membentengi k dari penyimpangan, jadi murid dan ikuti dengan baik.

“Jadilah teladan dengan cara melalukan secara konsisten hal-hal yang baik, tidak perlu mendidik orang klain. biarkan orang lain melihat teladan yang kita lakukan secara konsisten, secara lambat laun orang-orang akan melakukan yang biasa kita lakukan,” katanya.

Jika terjadi hal buruk dalam pekerjaan anda, Sekda Kuningan menguatkan untuk berdoa dan berdoa dan mendekatkan diri pada Allah. Kegagalan adalah sesuatu yang biasa, segera bangkit, move on dan belajar dari kesalahan.

Ia menambahkan, bahwa orang cerdas yaitu mampu menyesuaikan diri sekarang/beradaptasi dengan perkembangan. Disinilah harus belajar berada dalam suatu oraginisasi lingkungan kerja.

“Itulah best practice/praktek terbaik menjadi ASN yang profesional, coba renungkan yang baik-baik saja dan adopsi atau Anda kembangkan sendiri sebagaimana pengalaman Anda yang penting tidak menyalahi etika yang berlaku,” terang Sekda.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Kuningan, Nurahim, menambahkan, kegiatan ini digelar agar peserta dalam kegiatan yang memiliki kemampuan untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme . (dhn)

 

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi ASN Profesional Ala Sekda Kuningan"