Loading...

Pohon Keramat di Kolam Cibulan Tumbang, Diperkarakan Berusia 500 Tahun

 

 

JALAKSANA- Pohon cempaka putih atau kananga yang diperkirakan berusia 500 tahun yang terletak di lokasi objek wisata Cibulan Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana Kamis  dini hari (28/8)  sekitar jam 02.30 WIB tumbang. Penyebab tumbangnya pohon keramat itu karena batang pohon sudah keropos sehingga tidak bisa menaham beban.

 Untungnya pas kejadian tumbang pohon tersebut tidak ada orang disekitar kolam yang terkenal dengan ikan dewa itu. Pohon kananga (biasa warga menyebutnya) menimpa salah satu kolam bagian tengah, sehingga kolam tersebut tidak bisa digunakan oleh pengunjung untuk berenang.

 “Yang saya syukuri adalah pohon tumbang tidak terjadi pada siang hari. Alhamdulillah  Allah  melindungi. Kalau terjadi pada siang hari dan banyak pengunjung tentu resikonya besar,” ucap Direktur Objek Wisata Cibulan HM Didi Sutardi , Kamis (28/8).

 Menurut dia, untuk membersihkan pohon diperlukan waktu minimal dua hari dan kolam pun akan dikeringkan. Bagi pengungjung yang akan datang tidak ada masalah karena pihaknya pun tidak melakukan penutupan.

Dikatakan, pasca pohon tumbang pun ada yang datang penasaran ingin melihat, tidak sedikit pengunjung yang memilih pulang. Kebanyakan yang masuk pensaran ingin melihat pohon keramat.

 Didi menyebutkan, tanda-tanda pohon ini akan tumbang sudah terlihat dimana terlihat keropos dan sebenarnya sudah dilaporkan kepada pihak BTNGC. Namun ternyata belum ada tanggapan sehingga dengan sendirinya tumbang.

 Mengenai pohon kananga ini bukan hanya pohon peneduh tapi memilih daya tarik tersendiri. Pohon kananga menyemburkan wangi khas sehingga membuat para pengunjung nyaman dengan harumnya.

 Agar khas wanginya tetap ada kata Didi, akan langsung ditanam pohon serupa. Pohonya sendiri sudah dipersiapkan dan akan di tanam di tempat pohon tumbang.

 “Disekitar kolam banyak pohon yang tua tapi kananga khas wanginya sehingga bikin betah pengunjung,” ucapnya.

 Sementara itu Jajang salah seorang pengunjung penasaran ingin melihat pohon tumbang. Bagi dia, khas Cibulan lan adalah rindang dan udaranya sejuk sehingga pengunjung merasa betah.

 “Ketika masuk ke Cibulan selain udara sejuk juga melihat ikan-ikan berenang. Ini hiburan yang membuat orang hilang stres seketika. Mengenai pohon tumbang bagusnya memang kembali ditanam pohon serupa,” ujar pria asal Cikijing Majalengka itu.(mus)

 Foto agus mustawan: 

Pohon keramat berusia 500 tahun tumbang menimpa kolam yang berisi ikan dewa. Untungnya tidak ada korban karena terjadi pada malam hari.

 

    

 

 

Posting Komentar untuk "Pohon Keramat di Kolam Cibulan Tumbang, Diperkarakan Berusia 500 Tahun"